Pojok Digital, Menuju Digitalisasi Desa Kangkung

Pojok Digital, Menuju Digitalisasi Desa Kangkung

DEMAK – Upaya pengurangan kemiskinan di Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak yang merupakan binaan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah terus dilakukan. Menggandeng PT Telkom Indonesia Regional IV Jateng dan DIY melalui Corporate Social Responsibility (CSR), masyarakat memperoleh perangkat komputer. Bantuan tersebut diterima perangkat Desa Kangkung, Senin (22/7/2019).

Manager Human Resources Service PT Telkom Indonesia Regional IV Jateng dan DIY Djati Wiyono menyampaikan bantuan komputer tersebut nantinya untuk menunjang pembuatan Pojok Digital. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat Desa Kangkung.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah menyalurkan bantuan komputer yang nantinya akan kita buat Program Pojok Digital. Program tersebut diharapkan dapat mendukung digitalisasi di Desa Kangkung,” ujarnya.

Djati menambahkan, Program Pojok Digital dapat menjadi ruang masyarakat Desa Kangkung untuk mengakses internet. Tentu pihaknya akan melengkapi dengan koneksi internet dan memberikan Wifi gratis di ruang terbuka. Dengan begitu, dapat menunjang proses pemasaran produk warga, khususnya garmen.

” Dengan koneksi internet yang cepat, para warga dapat meningkatkan penjualan melalui online marketing,” ungkap Djati.

Anggota Sinergi USAID Anggieta Dwi Septiani menambahkan, pihaknya siap bersinergi untuk membantu mengentaskan kemiskinan di Desa Kangkung dengan menyelenggarakan pelatihan kerja, yang sesuai dengan bidang kemampuan mereka. Sehingga, dapat langsung diaplikasikan.

“Kami juga akan bekerja sama dengan perusahaan swasta untuk membantu menyalurkan tenaga kerja asal Desa Kangkung kepada perusahaan-perusahaan. Kemarin kami sudah mengidentifikasi pelatihan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat Desa Kangkung,” terang gadis berhijab itu.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum mengapresiasi terselenggaranya kerja sama itu. Dia berharap semakin banyak pihak swasta yang menggunakan program CSR-nya untuk membantu desa yang membutuhkan.

“Kita ingin agar banyak pihak saling keroyokan untuk menanggulangi permasalahan kemiskinan, khususnya di kabupaten/ kota yang tergolong masuk ke dalam zona merah,” tandas Riena.

Kepala Desa Kangkung Muhammad Kamsari berharap Program Pojok Digital mampu meningkatkan produktivitas masyarakat.Sekaligus, menuntaskan permasalahan kemiskinan dan pengangguran di desanya. (Fh/ Ul, Diskominfo Jateng)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *