Gotong Royong pun Bisa Melalui Online

Gotong Royong pun Bisa Melalui Online

SEMARANG – Ada pendekar di Gedung Grhadika Bhakti Praja, Kamis (25/7/2019). Bukan sembarang pendekar, tapi “pendekar, pendidikan karakter”, dengan semangat Pancasila yang memiliki misi mulia, yaitu membentuk generasi berkarakter, cerdas dan bermental baja.

Bagi Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono, pendekar (pendidikan karakter) sangat penting untuk membentuk mental yang kuat dan berkarakter. Akan berbahaya jika seseorang cerdas namun tidak memiliki karakter yang kuat, dan begitu pula sebaliknya.

Untuk itu, imbuhnya, perlu pedoman dalam membentuk karakter, yaitu Pancasila. Pancasila merupakan dasar negara yang diambil dari rumpun budaya dan kearifan lokal Indonesia. Hariyono mengajak masyarakat agar selalu mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila. Jangan sampai Pancasila hanya berakhir sebagai mitos, melainkan harus sebagai etos kerja.

“Jangan mau menjadi negara bermental lembek. Pancasila sebagai dasar negara jangan jadi mitos saja tapi etos kerja. Pancasila harus diamalkan dan diperjuangkan,” tegasnya.

Akademisi dari FISIP Universitas Negeri Surakarta Sudarsana menambahkan, spirit dan kepribadian bangsa tercermin dalam gotong royong, yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Semangat gotong royong pun merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia dan tertuang dalam sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia. Sehingga, sikap gotong royong idealnya dimiliki oleh seluruh elemen atau lapisan yang ada di Indonesia.

Hal senada disampaikan artis cantik Cindy Gulla. Mantan anggota JKT 48 itu mengajak para milenial untuk selalu menghidupkan semangat gotong royong. Diakui, di tengah perkembangan teknologi sekarang ini, masyarakat cenderung independen dan individualis, sehingga nilai gotong royong mulai pudar. Namun, dia mengingatkan agar generasi muda tidak kalah dengan keadaan. Jangan jadikan alasan perkembangan zaman membuat nilai gotong royong menghilang.

Bagi gadis berambut panjang ini, gotong royong juga bisa dilakukan melalui online. Contohnya dengan berpartisipasi aktif dalam membangun bangsa dan menebar kebaikan dengan petisi online. (Ic/Ul, Diskominfo Jateng)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *