Amalkan Pancasila dengan Cara Kekinian

Semarang – Selama 73 tahun, Pancasila menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Pancasila sudah menjadi rumah yang ber-Bhinneka Tunggal lka, dan sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir didenyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Pesan Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri saat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, Jumat (1/6). Pancasila pun sudah terbukti menangkal masuknya faham yang hendak merongrong persatuan dan kesatuan bangsa.

Mengingat keberadaan Pancasila uldalam memperkokoh negara kesatuan Republik Indonesia, Dadang berharap peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momentum untuk terus merajut dan membangun kembali karakter bangsa. Karakter asli bangsa Indonesia yang dikenal memiliki jiwa dan semangat patriotisme, kegotongroyongan, serta kebersamaan dalam kemajemukan adat istiadat, bahasa dan budaya.

Karenanya, sebagai generasi penerus bangsa, masyarakat dituntut mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, seiring perkembangan teknologi informasi yang pesat belakangan ini, pengamalannya pun mesti disesuaikan dengan cara yang lebih kekinian. Perkuat persatuan agar Indonesia semakin sejahtera dan mandiri.

Bulan ramadan yang suci dan penuh berkah ini, harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. Dengan berbagi, akan memperkuat kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati. Selain itu juga menumbuhkan semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa Indonesia sebagai sumber energi besar untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa. Tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh,” tutur dia.

Untuk itu masyarakat diminta terus berbagi pengalaman dalam ber-Bhinneka Tunggal Ika, bertoleransi, serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Juga berbagi pengalaman dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” tandas Dadang.

Pada kesempatan itu, Kepala Diskominfo Dadang Somantri yang didampingi pejabat eselon III menyerahkan SK Kenaikan Pangkat kepada 12 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Diskominfo Provinsi Jawa Tengah. (Fh/Ul, Diskominfo Jateng)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn