Anggota KI Terpilih Segera Dilantik

Semarang – Setelah melalui tahapan Uji Kepatutan dan Kelayakan oleh Komisi A DPRD Jawa Tengah, lima anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Periode 2018-2022 telah terpilih. Empat di antaranya adalah wajah lama.

Ketua Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota KI Provinsi Jawa Tengah Tubayanu AP MSi menyampaikan lima orang yang terpilih tersebut adalah Zainal Abidin SH MM, Drs Sosiawan, Fb Fx Handoko Agung SSos, Slamet Hariyanto SH MH, dan Dr Wijaya SH MH. Dari kelimanya, Wijaya merupakan wajah baru.

“Mereka terpilih berdasarkan serangkaian seleksi yang dilakukan. Terakhir, adalah Uji Kepatutan dan Kelayakan yang dilakukan di hadapan jajaran Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah pada 5-6 Juli,” bebernya, Selasa (24/7).

Ditambahkan, mereka yang terpilih rencananya akan dilantik pada awal Agustus mendatang. Sementara, untuk mengisi kekosongan, anggota KI periode 2014-2018 yang telah habis masa kepengurusannya sejak 13 Juni lalu, telah diperpanjang hingga pelantikan.

“Sudah ada SK perpanjangan (masa jabatan KI Periode 2014-2918) dari Bapak Gubernur. Jadi mereka tetap bekerja sampai anggota baru ditetapkan,” kata Tubayanu.

Sementara itu, saar Uji Kepatutan dan Kelayakan awal Juli lalu, Ketua Komisi A DPRD Jateng Masruhan Samsurie menyampaikan, para peserta tes mempunyai konsep yang bagus berkaitan dengan upaya menjadikan KI sebagai institusi yang mempunyai keterbukaan informasi. Apalagi, keterbukaan informasi adalah hal penting dalam menciptakan sebuah good governance. Keterbukaan informasi menjadikan masyarakat bisa mengakses informasi mengenai kebijakan pemerintah daerah.

Masruhan menuturkan dia dan seluruh anggota Komisi A melakukan hak pilihnya dengan fair. Forum pemilihan dilakukan secara terbuka, bahkan juga diliput media dan dilakukan live streaming. Hal itu mengingat lima calon anggota KI yang terpilih mempunyai tugas berat berkaitan dalam membantu mewujudkan good governance dan clean governance.

“Apabila sudah menjadi anggota KI diharapkan untuk selalu menjaga komitmen dan integritas personal. Karena mereka memiliki komitmen yang tinggi dalam rangka memerankan tugas menjaga keterbukaan Informasi, “bebernya. (Ul/Fh, Diskominfo Jateng)