Beriman, Berilmu, dan “Eling” Mati

Semarang – Lantunan ayat suci Al Quran mengalun dari bibir Ilham, Andhika, dan Satria mengawali Buka Bersama Keluarga Besar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah, Rabu (30/5). Suara mereka yang merdu membuat hadirin terhanyut.

Kegiatan buka bersama yang melibatkan jajaran Diskominfo dan anak-anak panti asuhan tersebut, merupakan kali kedua diselenggarakan sejak instansi itu dibentuk pada 2017 lalu. Tak hanya diisi dengan ceramah keagamaan, namun juga pemberian bantuan kepada anak-anak panti asuhan.

Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri menyampaikan kegiatan itu bermanfaat untuk menjalin tali silaturahmi dalam rangka meningkatkan keimanan sebagai manusia, terlebih saat Ramadan. Dia juga berharap Ramadan dapat melatih orang untuk belajar pentingnya kejujuran, termasuk di kalangan anak-anak.

“Kejujuran perlu kita pupuk sejak masih anak-anak hingga dewasa. Kejujuran juga menjadi bekal untuk memimpin negeri ini di masa mendatang,” terangnya.

Sementara itu, Plt Asisten Kesra Provinsi Jawa Tengah Heru Setiadhie yang berkesempatan hadir mengapresiasi acara yang diselenggarakan untuk merajut silaturahmi dalam kemuliaan Ramadan. Bagaimana pun, perhatian kepada lingkungan terdekat, baik di sekitar tempat tinggal maupun lokasi bekerja, mesti terus dipupuk. Dia pun berpesan agar saat berpuasa yang diperoleh jangan hanya rasa lapar, haus dan lelah.

“Saya barusan mendapatkan rumus hidup. Pertama orang haruslah beriman. Kedua harus menjadi orang yang berilmu. Ketiga, kita harus selalu eling bakal mati,” beber Heru.

Dalam tausiah menunggu berbuka puasa, Ustaz Rosihan menuturkan orang yang berpuasa hendaknya menjadi orang yang bertakwa. Menurutnya, takwa bertujuan menjadikan orang yang berbahagia.

“Bahagia itu kuncinya saat kita bisa membahagiakan orang lain,” ungkapnya.

Rosihan menambahkan, momen berbuka puasa bersama dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi kita semua. Sependapat dengan Dadang, menurutnya orang berpuasa kuncinya adalah kejujuran dan kebahagiaan.

“Orang kalau senang pasti optimistis. Sehingga kerja juga optimistis. Orang yang optimistis Insya Allah akan memperoleh kebahagiaan,” tandasnya.

Kesempatan buka puasa itu sekaligus dijadikan momen perpisahan Kasubbag Tata Usaha LPSE Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Suryo Satriyono yang akan memasuki masa pensiun mulai 1 Juni. Dalam sambutan perpisahannya Suryo menuturkan bahwa perpisahan ini sangatlah berat, mengingat banyak moment kebersamaan yang dirajut. Ia berpesan agar jajaran Diskominfo harus selalu semangat dan tetap tersenyum. (Fh/Ul, Diskominfo Jateng)