Dapatkan Informasi Sakpole di Jateng Fair

Semarang – Gelaran Jateng Fair 2018 tak hanya diramaikan dengan hiburan dan pameran produk unggulan. Di tempat itu, masyarakat juga bisa membayar pajak kendaraan secara online di Kedai Samsat, Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Seksi Pajak Kendaraan Bermotor UPPD Kota Semarang III Siti Sopiatun SH menyampaikan, melalui aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (Sakpole) masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak di mana pun dan kapan pun. Caranya, tinggal mengunduh aplikasi Sakpole di android, dan lakukan pembayaran secara online. Dengan cara itu akan terhindar dari proses antrean di loket Samsat.

Dijelaskan, aplikasi yang diluncurkan 16 Juli 2017 lalu itu memang untuk membantu masyarakat, khususnya dalam membayar pajak kendaraan. Secara rinci dia menyampaikan, proses penggunaan aplikasi tersebut diawali dengan mengunduh Sakpole melalui play store. Selanjutnya, pada tampilan utama anda akan memasukkan nomor polisi, NIK, nomor KTP dan nomor rangka lima digit terakhir. Apabila berhasil, data kendaraan akan tampil bersama rincian ketetapan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) nya.

Setelah jumlah tagihan yang harus dibayar muncul, pengguna akan mendapatkan kode bayar lalu melakukan pembayaran dengan transfer ke bank yang sudah dipilih. Setelah itu lakukan pengesahan STNK dan cetak notice yang dapat dilakukan di seluruh kantor Samsat se-Jateng. Pengesahan tersebut dapat dilakukan sampai 14 hari sejak pembayaran.

“Apabila pajak kendaraan masyarakat sudah jatuh tempo, tetapi lupa atau belum sempat datang ke Samsat, mereka tinggal menggunakan aplikasi Sakpole saja. Ini juga dapat menghindarkan dari denda akibat keterlambatan pembayaran pajak,” ujar Sopiatun.

Kemudahan penggunaan aplikasi Sakpole mendapat apresiasi Sania, pengunjung Jateng Fair. Dia pun sangat terbantu dengan penjelasan yang erima saat mengunjungi stand BPPD.

“Aplikasi Sakpole ini keren. Karena kebanyakan anak muda sekarang malas untuk mengantre di Samsat dan biasanya lebih memilih menggunakan calo. Tetapi setelah tahu aplikasi Sakpole ini, saya akan mencobanya karena mudah dan tidak perlu mengantre,” tutur Sania.

Selain menyediakan perpanjangan pajak, stand ini juga menampilkan live music yang berbeda setiap harinya. Ingin berkonsultasi seputar Sakpole sekaligus menikmati sajian musik? Datang saja di stand BPPD sebelum Jateng Fair ditutup. (Mg/ Ul, Diskominfo Jateng)