Gerakkan Masyarakat dengan Pola Pikir “Out of The Box”

Semarang – Mahasiswa yang menjalani kuliah kerja nyata (KKN) diharapkan bisa memberdayakan dan menggerakkan masyarakat. Termasuk meliterasi warga agar melek teknologi di era digital ini.

“Hadirnya mahasiswa KKN UPGRIS harus bisa memberdayakan masyarakat, menumbuhkan partisipasi masyarakat, mendorong dan menggerakkan warga melalui pola pikir yang out of the box untuk membangkitkan, memajukan, mendirikan, dan menyejahterakan masyarakat,” beber Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri saat membacakan sambutan Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, pada Pembukaan Expo KKN UPGRIS di Taman Bumirejo Pudakpayung, Minggu (25/2).

Ditambahkan, teknologi informasi yang berkembang pesat belakangan ini mesti diikuti oleh masyarakat. Mereka dituntut melek teknologi agar tidak tertinggal. Misalnya, memperluas pemasaran produk UMKM melalui media daring (dalam jaringan)/ online yang daya jangkaunya sangat luas, menjual pariwisata melalui media sosial, dan sebagainya. Di sinilah peran mahasiswa untuk menyampaikan literasi digital supaya masyarakat menguasai teknologi digital.

“Dengan penguasaan teknologi, warga bisa menjual produk unggulan maupun potensi wilayahnya melalui media sosial. Misalnya, pariwisata, saya lihat pemandangannya bagus sekali di sini,” katanya.

Dadang berharap mahasiswa lebih cerdas mengidentifikasi permasalahan di lokasi KKN. Buat skala prioritas dan libatkan masyarakat dalam penyelesaiannya. Kreativitas dan inovasi dari seluruh mahasiswa sangat diperlukan. Yang lebih penting lagi, terus menjaga keguyuban dan kegotongroyongan antarwarga.

Mahasiswa, katanya, juga mesti memberikan pengertian kepada masyarakat agar tak terjebak berita-berita hoax, ujaran kebencian, radikalisme, terorisme maupun ajakan intoleran yang banyak beredar di media sosial. Beri arahan kepada mereka agar menyaring dulu informasi sebelum men-sharing-nya.

Dalam expo tersebut juga digelar pertunjukan seni dan aneka lomba, khususnya lomba untuk anak-anak.(Ul/Fh, Diskominfo Jateng)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn