Jateng Menangi Pemilihan Duta Wisata Indonesia

Semarang – Duta Wisata Jawa Tengah berhasil menjadi juara pada Grand Final Pemilihan Duta Wisata Indonesia (PDWI) 2017 yang berlangsung di Millenium Ballroom, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (2/12) malam. Pada babak tiga besar, pasangan Jodi Satria Affan dan Indira Wibowo berhasil menyingkirkan perwakilan Provinsi Sumatera Barat dan Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Urip Sihabudin didampingi Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Parekraf, Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Trenggono mengapresiasi prestasi yang diraih Duta Wisata Provinsi Jawa Tengah. Apalagi event tahunan itu diikuti seluruh provinsi se-Indonesia.

“Ini sangat membanggakan karena bisa menjadi yang pertama se-Indonesia,” bebernya, Minggu (3/12).

Ditambahkan, penilaian yang dilakukan sangat panjang. Mulai Rabu (29/11) mereka sudah menjalani serangkaian penilaian. Mulai tes tertulis dan wawancara, apresiasi seni, city tour serta presentasi Daya Tarik Wisata. Mereka juga mendapatkan pembekalan dari Kementrian Pariwisata, Yayasan Duta Wisata Indonesia, dan Asosiasi Duta Wisata Indonesia.

Saat apresiasi seni, perwakilan Jawa Tengah membawakan pentas bertajuk “The Romance of Roro Jongrang” dengan kostum kreasi karya Bayu Supriyanto. Pada malam grand final, keduanya tampil dengan balutan busana khas Jawa Tengah yang terinspirasi dari busana adat Mangkunegaran dari Rory Wardana.

“Terpilihnya mereka tak sekadar memang lomba. Lebih dari itu, kami menaruh harapan besar agar pariwisata Jawa Tengah lebih dikenal, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi, potensi wisata kita luar biasa,” ungkap Urip.

Urip menyampaikan, tak hanya menjuarai PDWI, pada penghujung 2017, pariwisata Jawa Tengah juga berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional. Yakni, terpilihnya twitter @VisitJawaTengah sebagai Juara III Promosi Pariwisata Digital Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017 yang diselenggarakan ayojalanjalan.com pada pekan lalu. (Ul, Diskominfo Jateng)

Foto : Disporapar Jateng

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn