Kembangkan Empati dan Saling Berbagi

Semarang – Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, dimanfaatkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri untuk mengajak jajarannya membantu korban gempa yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Imbauan itu sekaligus mengaplikasikan sambutan yang disampaikan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, jika peringatan 17 Agustus bukan sekadar resik-resik kampung, lomba balap karung, pawai keliling kota atau kegiatan lainnya. Namun, ada rasa bangga dan cinta kepada negara, serta semangat gotong royong di antara masyarakat.

Empati, sikap peduli, dan saling berbagi harus terus dikembangkan. Jadikan bahu kokoh bak baja, mengingat masih banyak saudara yang memerlukan tempat untuk bersandar.

“Ada saudara kita di Lombok yang saat ini menderita. Mari bapak/ ibu yang mempunyai kelebihan rizki untuk bisa menyisihkannya, kumpulkan di kotak amal Diskominfo,” ujarnya, saat Upacara Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Halaman Kantor Diskominfo Jateng, Jumat (17/8).

Dadang juga mengingatkan jajarannya agar terus meningkatkan kinerja, memberikan peran untuk kemajuan bangsa dan negara. Bagaimana pun, kerja semua pihak adalah prestasi bangsa.

Usai upacara, kemeriahan dan keakraban terasa saat pengumuman juara lomba. Mulai lomba voli, tarik tambang, menyanyi, makan kerupuk, dan tumpeng. Terlebih, saat pengumuman juara favorit, yang diberikan kepada Ahmad Arif Pamuji alias Awi, karena penampilannya yang cukup nyeleneh saat lomba menyanyi.

Peserta upacara dibuat terpingkal saat Awi diminta membuka hadiah yang ternyata adalah diapers dewasa dan botol dot. Hadiah itu langsung dipakaikan. Untungnya, ada amplop berisi uang yang juga diberikan kepadanya. Selepas prosesi penyerahan hadiah, seluruh peserta menikmati enam tumpeng yang dilombakan. (Ul, Diskominfo Jateng)