Pantau Hasil Penghitungan Suara Melalui “Quick Report”

Batang – Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah di Kabupaten Batang, Rabu (27/6), berjalan lancar. Hingga pukul 16.00, belum ada laporan dugaan penyimpangan Pilkada yang masuk.

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Pilkada Provinsi Jawa Tengah, Dadang Somantri. Dia yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah (Diskominfo Jateng) itu menyampaikan, pihaknya telah berkeliling di lima kecamatan. Yakni Kecamatan Batang Kota, Subah, Banyuputih, Gringsing, dan Tersono.

“Hasilnya, kegiatan pilkada di Batang berjalan dengan baik. Partisipasi masyarakat berkisar 65-70 persen, cukup baik,” bebernya.

Ditambahkan, surat suara yang rusak dan sudah dimusnahkan KPU sehari sebelum pemungutan suara pun terhitung sedikit. Yakni, hanya 318 surat suara dari surat suara yang disediakan untuk 588.311 DPT plus 2,5 persennya.

Saat ini, kata Dadang, proses penghitungan suara masih terus dilakukan. Pihaknya juga memantau penghitungan suara melalui quick report pada layar di Ruang Abirawa, Gedung Setda Kabupaten Batang.

Dia berharap, tidak ada proses yang terlewatkan pada pelaksanaan Pilgub di Batang maupun wilayah lain. Sehingga, menjadi pemilu yang betul-betul langsung, bebas, dan rahasia, becik tur nyenengke. Siapa pun yang terpilih nantinya bisa menjadi pemimpin yang terbaik.

Dadang juga mengapresiasi masyarakat yang dengan kesadaran datang ke TPS untuk memberikan suaranya. Bagaimana pun suara yang mereka berikan sangat berharga untuk menentukan pemimpin Jawa Tengah lima tahun mendatang.

“Kami, tim dari Jawa Tengah juga tetap memberikan suara meski bertugas,” ungkap mantan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Tengah.

Diakui, masih ada pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya pada pilgub tahun ini. Namun, kebanyakan adalah mereka yang tinggal di luar kota dan tidak memungkinkan untuk kembali meski hari itu ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Kondisi tersebut diakui pula oleh Camat Banyuputih Rijanto SSos MM. Menurutnya, banyak warganya yang mencari rizki di DKI Jakarta. Pelaksanaan yang terlalu dekat dengan lebaran, menjadi alasan mereka yang sebelumnya mudik, tidak bisa pulang lagi dan memberikan hak suaranya.

“Kebetulan kemarin habis lebaran, mereka baru kembali lagi ke Jakarta. Jadi, mereka tidak bisa kembali lagi. Tapi, untuk warga yang di sini, kami rasa partisipasinya sudah bagus,” tandas Rijanto.

Sebelum melakukan peninjauan ke lapangan, Kadiskominfo Dadang Somantri menyempatkan untuk mengikuti apel desk pilkada di Halaman Kantor Kesbangpol Kabupaten Batang. Dalam kesempatan itu Sekda Kabupaten Batang Drs Nasikhin MH mengingatkan, sukses pilkada ada empat hal. Yaitu, jika semua kegiatan berjalan dengan tertib, partisipasi masyarakat meningkat, suasana aman dan kondusif, serta melahirkan pemimpin Jawa Tengah yang sesuai harapan. (Ul, Diskominfo Jateng)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn