30 Calon KI Ikuti Psikotest

Semarang – Sebanyak 30 calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah mengikuti psikotest dan dinamika kelompok di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah, Selasa (24/4). Tes tersebut merupakan tahap ketiga dari sarangkaian tes perekrutan anggota KI yang dilaksanakan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah Drs Mohamad Arief Irwanto MSi mengatakan proses seleksi calon anggota KI dilakukan secara transparan dan independen, melalui seleksi terbuka. Hal itu sesuai dengan semangat reformasi birokrasi yang terus dilakukan jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“MelaluiAssessmentCenter Test peserta dapat menyampaikan inovasi dan solusi. Diharapkan peserta mampu menampilkan kemampuan terbaiknya,” ujar Arief.

Dia menyampaikan, psikotestdilaksanakan selama satu jam. Selanjutnya, peserta melaksanakan tes dinamika kelompok berupa diskusi membahas suatu permasalahan yang dilaksanakan juga selama satu jam. Pada tes kali ini sifatnya tidak menggugurkan peserta.

Arief menambahkan, calon anggota KI diharapkan mempunyai tujuh kompetensi. Yakni, integritas, manajemen konflik, pengambilan keputusan, pencarian informasi, kerja sama, komunikasi lisan dan komunikasi tertulis. Selain itu juga memiliki tanggung jawab, kepercayaan diri, kematangan sosial dan emosi.

Sementara itu, Ketua Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota KI Provinsi Jawa Tengah, Tubayanu AP MSi menyampaikan, pemilihan Assessment Center BKD Provinsi Jawa Tengah mengingat lembaga tersebut sangat kapabel, karena termasuk yang terbaik se-Indonesia.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita semua. Karena dengan berpredikat terbaik membuat kami yakin bahwa seluruh proses dan standarnya terjamin,” tandasnya. (Fh/ Ul, Diskominfo Jateng)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn