Penelitian Mahasiswa Butuh Perizinan

Semarang – Perizinan cenderung identik dengan izin usaha maupun izin mendirikan bangunan. Namun, tak banyak yang tahu jika mahasiswa yang akan melakukan penelitian, survei, praktik kerja lapangan (PKL) atau kuliah kerja nyata (KKN) membutuhkan perizinan resmi.

Saat ditemui di stand Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) pada Jateng Fair 2018, Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi DPMPTSP Jateng, Fajar Efendi SSTP MM membeberkan perizinan memang dibutuhkan sebelum melakukan kegiatan akademis tersebut. Tapi, jangan khawatir karena untuk mengurus perizinan itu tidak sulit dan tanpa proses bertele-tele. Mereka hanya perlu membuka ‘Siap Jateng’ yang dapat diakses melalui
http://dpmptsp.jatengprov.go.id/. Selanjutnya, mereka tinggal mengisi formulir yang tersedia.

Pada Jateng Fair tahun ini, pihaknya membuka kesempatan bagi mahasiswa yang membutuhkan konsultasi dan informasi seputar perizinan pada ‘Siap Jateng’. Bahkan petugas tak berkeberatan membantu pengunjung yang hendak mengakses akun itu.

“Beberapa mahasiswa yang datang memang belum tahu jika melakukan penelitian harus memiliki perizinan resmi. Maka dari itu, lewat pagelaran ini, kami mengenalkan ‘Siap Jateng’,” tutur Fajar.

Intan, mahasiswi semester akhir yang datang ke stand DPMPTSP pun mengaku baru mengetahui jika hendak melakukan penelitian membutuhkan perizinan secara resmi. Ia pun antusias mencoba ‘Siap Jateng’ untuk mempersiapkan penelitian mendatang.

“Wah, saya baru tahu jika melakukan penelitian juga membutuhkan perizinan resmi. Saya pikir, jika penelitian hanya membutuhkan surat pengantar dari kampus. Mumpung di sini, sekalian mendaftar. Jadi besok mudah membuat perizinannya, ” ungkapnya.

Selain itu, stand tersebut juga menyuguhkan permainan mengenai 12 sektor perizinan dan membuka konsultasi. Banyak pengunjung datang melakukan konsultasi atau hanya sekedar mencoba permainan untuk mendapatkan hadiah menarik seperti flashdisk, tas punggung hingga sepeda. Mumpung masih satu hari lagi, silakan datang ke Jateng Fair. (Mg/Ul, Diskominfo Jateng)