Pikirkan “Emas” untuk Dapatkan “Emas”

Semarang – Apakah Anda pernah merasakan stres dengan pekerjaan sehari-hari? Atau stres menghadapi bos di kantor?

Hal itu dilontarkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri saat memberikan pengarahan kepada jajarannya, di Aula Lantai IV Diskominfo Jateng, Selasa (23/1). Pertanyaan tersebut disambut senyuman sejumlah orang yang hadir. Mereka seolah takut mengungkapkan perasaannya mengingat bosnya berada di ruangan yang sama.

Kondisi itu pun disadari Dadang. Dia menyampaikan seseorang wajar jika mengalami stres. Baik karena urusan pekerjaan, hubungan dengan bos atau rekan kerja, bahkan saat menghadapi persoalan di keluarga maupun lingkungan rumahnya. Namun stres justru menjadi peluang seseorang untuk bertumbuh, menciptakan inovasi dan kreativitas.

“Syaratnya, stres harus dikelola dengan baik. Apalagi bekerja dengan risiko yang luar biasa. Kalau tidak berani menghadapi risiko, tidak akan maju,” bebernya.

Kepercayaan diri, imbuh Dadang, mutlak dimiliki agar berani mengambil keputusan dengan risiko yang ada. Penuhi pikiran dengan hal-hal yang positif dan optimistis. Bagaimana pun, apa yang dipikirkan seseorang akan menentukan apa yang akan didapat.

“Pikiran kita menarik yang kita pikirkan. Jangan pikirkan ‘sampah’ karena akan mendapatkan ‘sampah’, membuat kita pesimistis, membuat kita malas. Sebaliknya, ubah dengan pikiran ’emas’, pikiran baik untuk mendapatkan ’emas’ pula,” sorot Dadang.

Dia menekankan jajarannya untuk terus meningkatkan kapasitas diri dengan rajin membaca. Membaca jangan hanya dimaknai membaca buku, melainkan juga membaca lingkungan sekitar. Dengan begitu, mereka akan menjadi sosok yang jauh lebih baik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tumbuhkan dorongan dalam diri untuk terus bekerja, berkembang, dan maju.

“Anda tidak bisa memimpin orang lain jika anda tidak bisa memimpin diri anda sendiri. Jadi, aja sakkarepe dewe, aja mentang-mentang dewe, dan aja pelit,” tegas mantan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinai Jawa Tengah ini.

Tidak kalah pentingnya, tutur Dadang, biasakan bersyukur dalam situasi apa pun, termasuk saat mengalami penderitaan. Bekerjalah dengan bahagia, mempertahankan etika, menjaga integritas. Berusaha mencintai pekerjaan dan melakukan dengan iklhas pekerjaan yang sudah disukainya itu.

“Kenali diri sendiri. Amati respons diri anda pada sebuah kejadian. Jika anda sudah mengenali diri, anda akan bisa mengambil keputusan, mengubah respons diri menjadi lebih baik. Masalah tidak akan menjadi masalah bila tidak kita permasalahkan,” tandasnya. (Ul, Diskominfo Jateng)