Rela Berlatih Renang untuk Dapat Gambar Terbaik

Semarang – Media merupakan pilar keempat birokrasi yang memiliki kontrol sosial terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah. Fakta-fakta yang dihimpun dan dipublikasikan oleh insan pers melalui karya jurnalistik mereka merupakan input untuk perbaikan pembangunan daerah.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP menyampaikan, saran dan kritik dari media yang dikemas dalam wujud tulisan, audio, maupun audio visual selalu dinanti Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Tidak terkecuali, saran dan kritik media tentang kebijakan pengentasan kemiskinan di daerah.

“Gambar, tulisan, wawancara ini setidaknya bisa memberikan kepada pemerintah masukan. Apa sih yang terjadi, bagaimana mereka (warga miskin) melaksanakan kehidupan sehari-hari, dan politik apa yang mesti kita berikan untuk memberikan perlakuan kepada mereka. Itu bagian dari peran serta wartawan dalam pembangunan Jawa Tengah,” terangnya saat menghadiri acara “Media Gathering dan Dialog Hasil Peliputan di Lapangan mengenai Pemberdayaan Masyarakat untuk Penurunan Kemiskinan di Jawa Tengah” di Grhadhika Bhakti Praja, Senin (27/11).

Alumnus UGM itu menuturkan, insan pers tak hanya harus melaksanakan fungsi kontrolnya dengan bertanggung jawab. Mereka juga didorong untuk terus meningkatkan kompetensi diri dengan cara mengikuti lomba-lomba jurnalistik. Seperti lomba jurnalistik yang diprakarsai oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Dengan begitu mereka makin lihai menyusun karya jurnalistik yang akurat dan komprehensif.

“Suara masyarakat yang diliput oleh media itu bagian dari kritik atau masukan kepada kita yang ini langsung atau tidak langsung akan mendorong teman-teman wartawan punya keinginan untuk berprestasi. Motivasi berprestasi perlu dirangsang dengan lomba-lomba. Saya berharap minimal tiga bulan sekali ada lomba seperti ini sehingga bergairah,” harapnya.

Senada dengan Ganjar, Denik Apriyani, jurnalis Antara TV Solo yang menyabet juara I pada lomba jurnalistik tersebut mengaku termotivasi meliput transformasi Desa Ponggok yang di Jawa Tengah kini tersohor dengan wisata bawah airnya. Karya jurnalistik Denik menunjukkan bahwa pemberdayaan badan usaha milik desa (Bumdes) Umbul Ponggok yang dikelola secara baik akan membuahkan hasil. Kesejahteraan warga setempat makin terdongkrak.

“Saya berpikir bahwa Ponggok yang dahulu adalah daerah tertinggal sekarang menjadi daerah percontohan. Setiap hari ada orang yang ke situ untuk studi banding,” terangnya.

Untuk menciptakan visualisasi terbaik, Denik bahkan rela berlatih berenang agar dapat merekam keindahan panorama bawah laut buatan Umbul Ponggok.

“Kesulitannya adalah (pengambilan gambar) underwater. Karena Ponggok adalah desa wisata air dan harus ada gambar pelengkap yang menggambarkan itu. Saya belajar berenang dulu karena memang berniat untuk mengambil gambar di bawah air,” jelasnya.

Pada acara tersebut, gubernur menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Kategori Wartawan TV/Radio, Juara 1Denik Apriyani (Antara TV Solo), Juara 2 Indah Tri Marhaeningsih (RRI Purwokerto), Juara 3 Wisnu Wardhana (iNews TV), Juara Harapan 1Bayu Nur Sasongko (Net TV), Juara Harapan 2 Yessi Safitri (Radio Idola), dan Juara Harapan 3 Muhammad Fahmi  Nur Cahya (Net TV).

Kategori Fotografi Jurnalistik, Juara 1 Nur Chamim (Radar Semarang), Juara 2 Liliek Dharmawan (Media Indonesia), Juara 3 Anis Efizuddin (Antara Foto), Juara Harapan 1 Tubagus Silahudin (Indonesia Press Photo), Juara Harapan 2 Gholib (Liputan6.com), Juara Harapan 3 Anang Firmansyah (Satelit Post).

Kategori Wartawan Tulis, Juara 1 Wilibrordus Megandika Wicaksono (Kompas.id), Juara 2 Muhammad Olis (jeparahariini.com), Juara 3 Winarto Herusansono (Harian Kompas), Juara Harapan 1 Bambang Iswanto (suaramerdeka.com), Juara Harapan 2 Fefy Dwi Haryanto (Brilio.Net), Juara Harapan 3 Abdul Mugis (Radar Semarang).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri juga menyampaikan penghargaan Top IT dari iTech, yang diterima di Jakarta beberapa waktu lalu kepada Gubernur Ganjar Pranowo. Yakni, penghargaan kepada Gubernur Ganjar sebagai Top IT Leadership 2017, dan Pemprov Jateng sebagai Top IT Government 2017.

 

Penulis : Ar, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn