Semuanya Harus Jelas

Semarang – Jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah diminta terus menaati regulasi. Semuanya yang dikerjakan harus jelas, dapat difahami, dan akuntabel.

“Dinas Kominfo harus apa adanya, harus taat regulasi, semuanya harus jelas, dapat dipahami dan akuntabel,” tegas Kepala Diskominfo Jateng, Riena Retnaningrum, saat memimpin Apel Pagi kali pertama, di halaman kantor, Rabu (30/1/2019).

Diakui, dua tahun ini Diskominfo sudah berjalan baik. Namun, loyalitas dan profesionalitas mesti terus ditingkatkan. Dia merujuk pernyataan Dadang Somantri, Kepala Diskominfo sebelumnya, jika pintar saja tidak cukup.

“Pintar itu harus pinter, bener, dan pener. Kita pegang etika birokrasi yang ada,” imbuhnya.

Riena juga mengingatkan, pelayanan mudah, murah, dan cepat yang ditekankan Gubernur Jawa Tengah, tetap menjadi acuan. Salah satunya, respon cepat terhadap aduan pada layanan Lapor Gub. Selambatnya 24 jam, aduan sudah harus direspon. Jika menemui kendala, segera laporkan kepada pimpinan.

Prioritas lainnya, kata Riena, mewujudkan big data. Sinergi dengan Bappeda dan SKPD terkait, termasuk pemerintah kabupaten/ kota menjadi kunci dalam menyajikan data yang valid, dan mudah dimengerti. Sinergi di internal Diskominfo pun mutlak diperkuat, termasuk menjalin hubungan baik dengan wartawan, bersinergi dan berkoordinasi untuk menyampaikan informasi yang tepat kepada masyarakat.

“Zaman sudah berubah, semua sudah berubah. Jadi kita harus menjadi pelayan masyarakat yang baik,” tandas mantan Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jawa Tengah.

 

Penulis : Hi/Sa/De, Diskominfo Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng