Siapkan Form A5 untuk Pasien RS dan Penghuni Rutan

Batang – Distribusi logistik Pemilihan Gubernur di Kabupaten Batang hingga Selasa (26/6) sore sudah mencapai 98 persen. Dipastikan seluruh logistik sudah siap di TPS Rabu (27/6) sebelum pukul 07.00.

“Hampir semuanya (logistik) sudah sampai hingga TPS. Hanya beberapa yang karena alasan keamanan, disimpan dulu. Tapi, besok pagi (Rabu, 27/6) sebelum pukul 07.00, sudah siap di TPS,” tegas anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang Divisi Hukum, Yakub Widodo, saat menerima Tim Pemantau Pemilu Provinsi Jawa Tengah, di Kantor KPU Batang, Selasa (26/6).

Ditambahkan, terdapat 588.311 pemilih di Kabupaten Batang yang tersebar di 248 desa/ kelurahan pada 15 kecamatan. Mereka dilayani di 1.457 TPS.

Pada pilgub ini, partisipasi pemilih ditargetkan 70 persen, mengingat berdasarkan pengalaman sebelumnya pada pelaksanaan pilgub, partisipasi pemilih tertinggi mencapai 72 persen. Jumlah partisipan itu kedua terbanyak se-Jateng setelah Rembang.

Untuk meningkatkan jumlah pemilih, beber Yakub, sejumlah upaya terus dilakukan. Salah satunya, pemberian doorprize bagi pemilih.

“Bahkan ada TPS yang memberikan doorprize kambing. Meskipun setelahnya kambing itu dimasak dan dimakan bersama-sama oleh warga,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga terus menyiapkan form A5 untuk pasien rumah sakit dan penghuni rumah tahanan. Sehingga mereka tetap bisa berpartisipasi memberikan suaranya pada pilgub.

“Sebanyak tiga TPS disiapkan untuk melayani pemilih di RS. Untuk form A5 bagi penghuni rumah tahanan, datanya berubah terus karena masih ada penghuni rutan yang dipindahkan dari Pekalongan ke Batang,” timpal anggota KPU Kabupaten Batang Divisi Perencanaan Data, Nur Tofan.

Mengenai penghitungan suara, pihaknya telah menyiapkan lima scanner untuk melaporkan hasil penghitungan pada form C1 melalui portal KPU RI. Untuk kesiapan alat dan akses, pihaknya telah melalukan dua kali uji coba.

Hasil penghitungan suara bisa diakses melalui website KPU RI. Namun, jika masyarakat ingin mengetahui hasil sementara Pilgub Kabupaten Batang, bisa pula mengakses melalui aplikasi “Ciluba” (Catatan Informasi Pemilu Kab Batang) yang bisa diunduh di playstore.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batang Dr Agung Wisnu Barata menyampaikan secara umum, kondisi di Batang relatif aman. Bahkan Batang termasuk dalam grade tiga atau warna hijau.

Kendati begitu, pihaknya terus meningkatkan pengawasan dan deteksi dini melalui kerja sama dengan intelijen dan pihak terkait lainnya. Jika muncul potensi konflik, akan ditangani sejak dini, sehingga tidak sampai membesar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah dari Tim Pemantau Pemilu Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi persiapan yang dilakukan di Kabupaten Batang. Dia berharap pelaksanaan pilgub dapat berjalan lancar dan aman.

Dadang menegaskan, tim pemantau dari provinsi tidak akan melakukan pemantauan hingga ke TPS-TPS. Namun pihaknya tetap memantau pelaksanaan pilgub melalui desk pilkada kabupaten. (Ul, Diskominfo Jateng)