Sidak di Diskominfo, Semua Berkas Lengkap

Semarang – Waktu belum menunjukkan pukul 07.00, namun seratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah sudah siap berbaris di lapangan untuk mengikuti apel pagi, Rabu (27/12). Hanya beberapa di antaranya yang tampak berlarian menuju mesin presensi.

Ya, hari itu memang kali pertama masuk kerja setelah libur empat hari, sebelum hingga sesudah natal. Namun, semangat bekerja mereka tak mengendor. Bukan karena kehadiran Satpol PP dan Biro Organisasi Seta Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak), tapi lebih pada tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sekretaris Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Ratna Dewajati menyampaikan, dari 129 orang PNS, yang hadir sebanyak 118 orang. Tiga orang tidak bisa hadir karena cuti, yaitu cuti umroh, melahirkan, dan alasan penting, yakni mesti menunggui suaminya yang sakit stroke. Sementara, satu orang tercatat tengah tugas belajar, dan satu orang dinas luar.

“Ada pula yang sakit dan izin. Izin ini sebenarnya kami tidak membolehkan. Tapi karena yang satu kakaknya meninggal dan satu karena anaknya masuk rumah sakit di Yogyakarta. Yang lain pun sudah diketahui dan dilengkapi berkasnya. Jadi semua lengkap datanya, dan diserahkan ke Satpol PP,” terangnya.

Diakui, sesuai Surat Edaran dari Sekretaria Daerah Provinsi Jawa Tengah, pada libur nasional dan cuti bersama natal, seluruh pimpinan SKPD diminta lebih selektif dalam memberikan cuti bagi pegawainya, bisa diberikan dan diutamakan untuk mereka yang merayakan natal. Kendati begitu, pihaknya tidak memberikan cuti natal bagi 18 pegawai yang nasrani.

“Kebetulan saya nasrani. Kalau tidak ada yang urgen, kita tetap memberikan layanan dengan baik. Toh besok ada libur lagi, empat hari harus dikelola dengan baik, apa ada panitia di gereja, harus dikelola dengan baik. Kami sudah kumpulkan mereka, perayaan natal juga harus memberikan pengembangan iman, salah satunya dengan kinerja, dengan bekerja. Itu juga harus jadi catatan, kalau peringatan natal menjadikan terang, ya hadirkanlah terang dengan bekerja, dengan semangat,” tegas Ratna.

Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri mengapresiasi jajarannya yang disiplin dalam bekerja. Dia berpesan agar jajarannya terus meningkatkan kinerja. Terlebih pada akhir tahun ini di mana dokumen administrasi, khususnya keuangan, harus diselesaikan dan dilaporkan.

“Kita cek kegiatan dan administrasinya. Mestinya sudah selesai dan dilaporkan. Tapi kegiatan yang ada kaitannya dengan pimpinan harus tetap dilakukan. Jaga kesehatan karena cuaca masih kurang bersahabat, persiapkan fisik dengan baik,” pesannya.

Sementara itu, Kasi Bimbingan dan Penyuluhan Satpol PP Provinsi Jawa Tengah Wa Ode Nurlalila yang melaksanakan sidak di Diskominfo menyambut baik tingkat kedisiplinan jajaran Diskominfo. Khususnya, kehadiran peserta pada apel pagi sesuai jadwal yang ditentukan.

“Data yang kami peroleh akan kami rekap dan diserahkan kepada Pak Sekda. Selanjutnya, kami menunggu disposisi dari Pak Sekda, apakah mau dibina atau apa,” bebernya.

Ditambahkan, sidak dilakukan untuk mengetahui tingkat kepatuhan para ASN. Sidak tidak hanya dilakukan usai libur panjang, namun juga dilakukan kapan pun tanpa terjadwal dengan rutin atau pasti. (Ul, Diskominfo Jateng)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn