SOSIALISASI PENGUATAN KELEMBAGAAN PPID TAHUN 2018

Salatiga – Pembukaan Sosialisasi Penguatan Kelembagaan PPID se Jawa Tengah oleh Asisten Administrasi Sekda Jateng, Bapak Drs. Budi Wibowo, M.Si di Salatiga (25/04). Kegiatan diikuti oleh PPID pembantu SKPD Prov Jateng, PPID Pembantu BUMD Prov Jateng dan PPID Utama Kab/Kota . Tujuan dari kegiatan ini adalah mewujudkan tata kelola PPID yang berbasis open data – Laporan Panitia, Kadiskominfo Jateng

Dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik di Pemprov Jateng, lembaga pemerintah maupun non pemerintah, wajib menyampaikan informasi kepada publik secara transparan terkait kegiatan, program, dan kebijakan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan.

Salah satu indikator bahwa informasi yang disuguhkan diminati masyarakat dapat kita cermati dari jumlah pengunjung pada masing-masing website PPID, maka buatlah dengan lebih menarik, jelas, lengkap dan up to date, sehingga masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan informasi.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, Pemprov Jateng berupaya mengembangkan open data yang berbasis Single Data System. Dengan sistem tersebut, data dan informasi yang disajikan lebih terjamin validitasnya dan terakomodir secara sentralistik, dan akan bermanfaat untuk merekam hasil-hasil pembangunan.

Hingga saat ini, 20 Kab/Kota telah terintegrasi dg Open Data Provinsi Jawa Tengah. Integrasi ini penting, agar data dan informasi di masing-masing sektor dan wilayah dapat di-manfaatkan secara maksimal oleh masyarakat selain juga sebagai upaya mewujudkan keterbukaan informasi publik – Asisten Administrasi.

  

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn