Tak Sebatas Seremoni

Semarang – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila jangan sebatas seremoni. Jadikan hari itu sebagai peringatan bagi masyarakat dan pemerintah agar selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri, usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (1/10). Dia berharap semangat persatuan dan kesatuan bangsa terus dijaga, seperti pada Pancasila.

“Pancasila adalah ideologi yang tak lekang oleh zaman, sehingga mampu menyesuaikan perkembangan zaman. Sebagai generasi penerus kemerdekaan, kita jangan sampai lalai, jangan sampai melupakan sejarah dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus peka terhadap segala rongrongan yang mengancam keamanan bangsa,” ujarnya.

Peristiwa sejarah mempertahankan Pancasila pada G 30 S PKI, menurut Dadang, mesti diceritakan para orang tua kepada anaknya. Dengan begitu, generasi muda dapat terus mengingat perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan NKRI.

Dalam kesempatan itu, Dadang juga mengajak jajarannya untuk mendoakan masyarakat Palu dan Donggala yang tengah tertimpa musibah. Dia juga meminta keikhlasan jajarannya untuk membantu para korban gempa bumi dan tsunami tersebut, baik dalam bentuk uang, pakaian layak pakai, dan bantuan lain yang dibutuhkan di lokasi pengungsian.

“Bantuan yang sudah terkumpul, nantinya kita salurkan melalui DPD Korpri Provinsi Jawa Tengah,” tandas Dadang. (Fh/Ul, Diskominfo Jateng)