Tak Usah Jujur untuk Orang Lain, Tapi bagi Diri Sendiri

Pekalongan – Jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan diminta terus fokus dalam bekerja. Pasalnya, di era digital seperti sekarang, peran mereka sangat penting.

Hal itu disampaikan Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri saat bersilaturahmi dengan jajaran Diskominfo Kota Pekalongan, Radio Kota Batik, dan Batik TV, sekaligus pengajian dan donor darah di Diskominfo Kota Pekalongan, Jumat (9/3). Dia mengibaratkan instansi tersebut sebagai urat nadi, yang dengan jaringannya dapat menghubungkan antar-SKPD, dengan pemerintah maupun pemimpinnya.

“Jika satu saja terputus, seluruh kota akan merasa akibatnya. Sebab, penanggung jawab IT (informasi teknologi) adalah Diskominfo,” beber Dadang.

Tak hanya fokus, dia juga mengingatkan agar seluruh pegawai lebih berhati-hati menjalankan tugasnya, khususnya dalam pengadaan barang dan jasa. Apalagi dengan banyaknya kasus operasi tangkap tangan yang dilakukan aparat penegak hukum belakangan ini.

“Fungsi integritas adalah kejujuran. Tidak usah jujur untuk orang lain, tapi jujur saja untuk diri sendiri,” kata mantan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Tengah ini.

Jelang pemungutan suara Pemilihan Gubernur, Dadang tak lupa mengingatkan agar aparatur sipil negara (ASN) menjaga netralitas. Pengguna media sosial juga mesti berhati-hati, jangan sampai me-mentionretweet, menyadur, men-sharepemberitaan calon gubernur.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Pekalongan Sri Budi Santoso meminta jajarannya untuk menjaga motivasi diri dan kekompakan dalam bekerja. Perbedaan merupakan hal yang biasa terjadi. Namun masing-masing harus menyadari tugasnya untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Jangan sampai kita menjadi bagian dari persoalan. Tapi bagian dari masyarakat, pemerintah daerah, untuk mengatasi persoalan di masyarakat,” tandasnya. (Ul, Diskominfo Jateng)