minggu, lalin

Minggu, Lalin Menuju Simpanglima dan Sekitarnya Dialihkan

Semarang – Bertepatan dengan pelaksanaan Apel Kebangsaan “Kita Merah Putih” Minggu (17/3/2019), arus lalu lintas di Kawasan Simpanglima dan sekitarnya dialihkan. Pengalihan tersebut dimulai pukul 05.00 sampai sekitar pukul 13.00 WIB.

Kepala Seksi Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Andi Susmono mengatakan, mengingat Apel Kebangsaan dilakukan di Lapangan Pancasila (Simpanglima) dan sekitarnya, akan dilakukan penutupan jalan di area tersebut.

Lalu lintas Jalan Pahlawan ditutup seluruhnya dari depan Mapolda Jateng. Untuk Jalan Pandanaran, penutupan dimulai dari persimpangan Taman Pandanaran. Jalan Ahmad Yani ditutup mulai persimpangan Jalan Ki Mangunsarkoro (sebelum RRI). Terkait penutupan tersebut, masyarakat diminta mencari jalur alternatif lain.

Dari Jalan Mgr Sugiyopranoto menuju timur, masyarakat bisa melewati Kawasan Tugumuda, Jalan Dr Sutomo, Jalan Veteran, Jalan MT Haryono, Jalan Kompol Maksum. Warga yang mengarah ke barat dari Jalan Kompol Maksum bisa melalui Jalan MT Haryono menuju kawasan Kampung Kali, Jalan MH Thamrin, kemudian belok ke Jalan Pandaran menuju kawasan Tugu Muda.

“Penutupan mulai pukul 05.00 sampai pukul 13.00 WIB. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” katanya.

Ditambahkan, tak hanya rekayasa lalu lintas, pihaknya juga menyiapkan beberapa zona parkir untuk menampung hampir 1.500 bus. Pada zona timur, lokasi parkir berada di Jalan Dr Cipto, Jalan Kompol Maksum, Jalan MT Haryono, dan Jalan Mayjen Soetoyo. Zona barat Jalan Imam Bonjol, Jalan Mgr Soegijapranata dan Jalan Pemuda.

“Untuk zona selatan disiapkan kawasan parkir di Wonderia, Jalan Pahlawan, Jalan Kyai Saleh dan Jalan Menteri Supeno,” ujar Andi.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah Achmad Rofai mengungkapkan, acara Apel Kebangsaan akan dibagi dalam dua segmen, yakni Suara Kebangsaan, serta Apel dan Orasi Kebangsaan.

“Segmen Suara Kebangsaan diisi deretan artis-artis lokal sampai nasional. Sementara Apel dan Orasi Kebangsaan bakal menampilkan tokoh nasional,” bebernya.

Untuk kegiatan tersebut, telah disediakan empat panggung, yakni panggung utama yang berada di Lapangan Pancasila, serta tiga panggung pendukung di Jalan Pahlawan (depan Kantor Gubernur), Jalan Pandanaran (Depan Toko Buku Merbabu), dan Jalan A Yani (perempatan RRI).

Di panggung utama, imbuh Rofai, penampilan Letto menjadi pembuka pada pukul 07.00 WIB dan disusul band lokal. Sebagai penutup segmen Suara Kebangsaan, pada pukul 08.30 WIB Slank akan tampil sekitar satu jam. Agar semakin gayeng, acara dipandu oleh Desta dan Vincent.

“Untuk orasi kebangsaan diisi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Mahfud MD, KH Maimoen Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, Jenderal Pol Tito Karnavian, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan sejumlah tokoh lintas agama,” katanya.

Rofai menjelaskan, panggung kedua yang berada di Jalan Pahlawan, menampilkan hiburan yang memanjakan para pecinta dangdut, dengan penampilan Nella Kharisma selama satu jam. Panggung ketiga di Jalan Pandanaran menjadi tempat unjuk aksi Armada Band. Sementara, pada panggung keempat di Jalan Ahmad Yani, menampilkan aksi panggung Virza.

“Keseluruhan segmen Suara Kebangsaan tersebut dimulai pukul 06.00 WIB sampai 09.30 WIB. Begitu segmen pertama usai, di panggung utama akan tampil pula komedian kondang, Cak Lontong.  Sementara untuk Apel dan Orasi Kebangsaan dimulai pukul 10.00 WIB sampai sekitar pukul 12.00 WIB,” tandasnya. (Ib, Humas Jateng/ Ul, Diskominfo Jateng)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *