tak hanya persiapan diri

Tak Hanya Persiapan Diri, Tapi Juga Hati

Semarang – Peserta yang lolos seleksi pertukaran pemuda antarnegara diminta terus bersiap. Tak hanya mempersiapkan diri, baik kemampuan maupun fisik, para pemuda itu juga diminta mempersiapkan hati yang baik.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi, saat membuka Seleksi Pertukaran Pemuda Antarnegara Provinsi Jawa Tengah, di Ruang Rapat Lantai IV Disporapar, Selasa (2/4/2019). Program dengan sasaran pemuda berusia 18-30 tahun itu, untuk mempererat persahabatan dan kerja sama antarpemuda, meningkatkan rasa saling pengertian, menciptakan kader-kader pemimpin bangsa berwawasan lingkungan. Selain itu, untuk tukar pengalaman, adat istiadat, seni dan budaya, menciptakan serta mengembangkan jaringan informasi, komunikasi dan bisnis.

Mereka akan dikirimkan di empat negara, yakni Australia, Korea, Singapura, dan Jepang, pada Oktober 2019 mendatang. Para pemuda itu akan tinggal di  Negara tujuan selama 10 hari sampai empat bulan.

“Yang paling singkat di Singapura, yaitu 10 hari, dan yang terlama di Australia selama empat bulan. Proses seleksi ini difasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sedangkan pelaksanaan program di negara tujuan dibiayai oleh Kemenpora bersama dengan negara tujuan,” ungkapnya.

Ditambahkan, pendaftaran yang masuk dari 7-26 Maret 2019 sebanyak 78 orang, terdiri dari 49 orang pria dan 29 orang wanita. Masing-masing negara tujuan dipilih tiga orang, yang selanjutnya diajukan ke Kemenpora untuk menjalani seleksi tingkat nasional, hingga dipilih satu orang di tiap program.

Seleksi, kata Sinoeng, dilaksanakan satu hari, meliputi seleksi administrasi, kemampuan penguasan pengetahuan umum, bahasa, kepribadian, religi, akhlak, penguasan seni dan budaya. Penilaian dilakukan 19 juri, antara lain dari Undip, Unnes, UPGRIS, SMAN 3 Semarang, SMKN 8 Semarang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Biro Kesra Setda Provinsi Jateng, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, dan Purna Caraka Muda Indonesia. Untuk itu, dia berharap kesempatan tersebut digunakan sebaik-baiknya agar tujuan dapat tercapai.

“Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya sehingga tujuan program dapat terwujud dan mampu memotivasi pemuda yamg lain. Selalu mohon doa dan restu dari orang tua. Bagi yang belum berkesempatan jangan kecewa masih banyak kesempatan berkarya untuk negeri ini,” tandas Sinoeng. (Ul, Diskominfo Jateng)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *