Konpers7

Buka Akses Lebih Luas Bagi Wartawan dan Masyarakat

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya mendekatkan dengan masyarakat, termasuk kalangan wartawan. Mulai Rabu (23/10/2019), secara rutin akan dilakukan konferensi pers yang menghadirkan Kepala SKPD di lingkup Pemprov Jateng, dengan isu terkini, di lantai 1 Gedung A Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Gebrakan pertama pada hari itu, tiga narasumber dihadirkan, yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Provinsi Jawa Tengah AR Hanung Triyono, Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Susi Handayani, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat. Sebagai moderator, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum.

Berbagai kemajuan pembangunan pun diulas, mulai dari persiapan DPUBMCK menghadapi musim hujan, perkembangan moda transportasi massa di Jawa Tengah, hingga Upah Minimum Provinsi (UMP). Bahkan, di akhir konferensi pers, Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa Tengah Herru Setiadhie, ikut memberikan informasi mengenai Top Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019.

Respons wartawan pun patut diacungi jempol. Ingin mencari informasi lebih dalam, mereka berlomba menanyakan banyak hal. Bahkan, usai acara, tak sedikit di antara mereka yang kembali mewawancarai narasumber secara langsung.

Wartawan senior Herjoko menyampaikan apresiasinya terhadap konferensi pers yang dilakukan. Banyaknya informasi yang diperoleh pada satu waktu dengan narasumber yang kompeten, memperingan tugasnya sebagai wartawan.

“Banyak banget infonya. Bisa untuk berhari-hari,” selorohnya.

Kepala Diskominfo Riena Retnaningrum menyampaikan, konferensi pers dilakukan secara rutin untuk membuka akses informasi kepada masyarakat, terutama wartawan. Narasumber yang dihadirkan adalah Kepala SKPD, dengan informasi aktual yang terjamin akurasinya. Dengan begitu, informasi yang disampaikan bukan berita hoaks.

“Ke depan, kami akan sering berinteraksi seperti ini untuk membuka informasi seluas-luasnya, tentang capaian kinerja masing-masing SKPD dalam mendukung program visi misi Bapak Gubernur,” bebernya.

Ditambahkan, upaya itu sekaligus salah satu bentuk pelayanan masyarakat. Sehingga nantinya mereka dapat terlayani dengan mudah, murah, cepat, dan diharapkan semuanya dapat tersenyum.

“Kita punya komitmen dan integritas yang sama memberikan pelayanan kepada masyarakat, tentunya dengan tugas dan fungsi masing-masing dinas SKPD terkait,” tandas Riena. (Ul, Diskominfo Jateng)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *