Rapat-Forum-Perangkat-Daerah

Ganjar Dinilai Pemberi Teladan Digital yang Baik

SEMARANG – Lembaga pelatihan dan konsultan IT pemerintaan, Inixindo Yogyakarta menuturkan jika sosok Gubernur Jateng Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang memberi teladan digital yang baik.

Hal itu menjadi modal utama Jateng  di tengah penggalakkan program digitalisasi pemerintahan. CEO Inixindo Yogyakarta, Andi Yuniantoro menyatakan itu usai menjadi salah satu pembicara Rapat Forum Perangkat Daerah bertema ‘Penguatan Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik Melalui Pembagunan Teknologi Informasi Komunikasi serta Peningkatan Kapasitas SDM’, di ruang rapat lantai 4 kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng, Kamis (27/2/2020).

Dia melihat program digitalisasi pemerintahan harus bersifat top down. Artinya hanya bisa berjalan jika pemimpin yang menginisiasi itu, dan bukan digagas dari bawah, seperti yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selama ini.

”Saya sebut Pak Ganjar adalah salah seorang, saya katakan bukan satu-satunya, tapi salah satu yang saya kenal bahwa beliau memiliki teladan digital yang sangat baik. Punya literasi informasi yang sangat baik, literasi berjalan baik,” kata Andi.

Praktis, kepala daerah tidak cukup berkomitmen saja, tapi juga memberi teladan. Seperti cara bagaimana pemimpin bersikap, bertindak, hingga mengambil keputusan, tentu semua sudah berbasis data dan menggunakan teknologi.

”Itu yang dimiliki pak Ganjar saat ini,” tambahnya.

Andi yakin Jawa Tengah yang saat ini getol menuju digitalisasi pemerintahan, tak lepas dari sosok Ganjar yang telah memberi teladan digital. Inixindo melihat modal teladan digital gubernur merupakan titik start yang berangkat dari angka nol. Sebab, angka satunya adalah regulasi yang telah disusun.  Andi melihat pula jika Jawa Tengah saat ini sudah memiliki regulasi yang dimaksud. Dia mengungkapkan daerah juga harus memperhatikan anggaran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum menuturkan jika selama ini Gubernur Ganjar memang terus menggaungkan digitalisasi pemerintahan.

“Pak Gubernur memang sudah terkenal dengan pemimpin yang sangat digital. Digitalisasi dunia sudah ada dalam satu genggaman. Prinsipnya, kami sangat terdukung sekali dengan kebijakan dan kami harus konsisten bahwa dengan adanya digital, kami harus melayani masyarakat dengan mudah dan cepat dari sisi manapun,” kata dia.

Riena menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk mendengarkan masukan guna rencana kerja Diskominfo Jateng di tahun 2021. Pada prinsipnya bagaimana tata kelola pemerintahan berbasis elektronik itu dapat berjalan lancar. Karena semua harus terintegrasi ke segala lini dari OPD terkait, kementerian, lembaga terkait, regulasi pusat, kabupaten hingga kota.

Riena menjelaskan pihaknya memberi semangat kabupaten dan kota agar mewujudkan program terkait dengan pemerintahan berbasis elektronik, seperti e-office, dan sebagainya agar mendapat dukungan pimpinan tertinggi daerah masing-masing. Sebab itu tidak bisa berjalan sendiri. Diskominfo sendiri akan terus memfasilitasi regulasi big datae-office, publikasi, konten laporan masyarakat, infrastruktur TIK, keamanan informasi dan lainnya. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *