IMG-20200406-WA0039

Atikoh Ajak Kader PKK Berderma pada Keluarga Terdampak Covid-19

SEMARANG – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengajak warga berdonasi untuk mereka yang terdampak Covid-19. Bantuan bisa diberikan di lingkungan terdekat melalui perhatian, maupun bantuan makanan bergizi, dan sebagainya.
Hal itu disampaikan Atikoh, sesaat sebelum memberi bantuan makanan bergizi kepada tenaga medis RSUD Dr Adhyatma (Tugurejo) dan ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Jawa Tengah, Senin (6/4/2020). Menurutnya, keluarga terdampak Covid-19 butuh perhatian, bukan caci maki.
“Keluarga yang terdampak Covid-19, baik yang ODP maupun PDP butuh kasih sayang. Caranya dengan berbagi, mulai dari lingkungan terdekat. Misalnya, bila di antara mereka ada keluarga yang di PHK karena imbas Corona, sehingga perekonomian mereka sulit,” ujar istri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo itu.
Selain berbagi secara materi dan moril, Atikoh mengajak kader-kader PKK di daerah aktif mengampanyekan agar masyarakat tinggal di rumah saja, bahkan jika memungkinkan bekerja dari rumah, sehingga bisa memutus mata rantai Covid-19. Para kader bisa berkreasi, memanfaatkan potensi yang ada, untuk berkegiatan selama di rumah. Salah satunya, membuat masker dari kain.
“Kalau terpaksa keluar rumah, gunakan masker. Nah kalau ini (masker) yang saya pakai buatan kader PKK. Kita cukup pakai kain saja, biar masker bedah buat tenaga medis,” imbuh Atikoh.
Terkait bantuan yang diberikan, ia menyebut, sebagai bentuk dukungan kepada petugas medis di RSUD Adhiyatma Tugurejo dan YKAKI. Lantaran, petugas medis perlu dijaga kesehatannya, agar dapat melayani warga.
“Sedangkan untuk anak-anak pengidap kanker (di YKAKI), penting karena setelah adanya Covid-19 dan pembatasan kunjungan, sumbangan terhadap mereka agak berkurang. Nah, ini adalah bentuk kasih sayang ibu terhadap anak-anaknya, agar mereka tetap sehat. Contohnya ikan gabus, baik untuk mereka setelah kemoterapi. Kepada para donatur, ayo tetap berdonasi,” tuturnya.
Pada kesempatan itu, Atikoh membawa bantuan sebanyak satu mobil boks. Isinya, buah-buahan, susu, biskuit, beras, telur, daging dan ikan gabus.
Tetap Semangat
Ketua Cabang YKAKI Semarang Vita Mahaswari mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Ketua TP PKK Jateng. Menurutnya, sumbangan itu penting untuk menjaga anak-anak yang terkena kanker tetap semangat melawan penyakit degeneratif itu.
“Terima kasih atas donasinya. Kami juga minta maaf kepada donatur, tak bisa datang langsung, lantaran kondisi anak-anak rentan tertular penyakit dari luar,” sebut Vita.
Ia menyebut, saat ini di rumah singgah YKAKI ada sekitar 10 anak yang tinggal. Untuk menjaga kesehatan mereka, tim dari yayasan melakukan prosedur penanganan ketat.
Pengurus harus melakukan bersih diri secara minimal tiga kali, dengan mandi. Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak ada virus atau bakteri yang menempel setelah berkegiatan. Selain itu, yayasan juga memberlakukan belanja secara daring/ online.
“Kepada keluarga penunggu anak-anak, kami sarankan tetap di rumah singgah (tidak pulang ke daerah asal). Kepada donatur kami ucapkan terima kasih, juga yang kemarin membantu masker yang luar biasa,” urai Vita.
Hal serupa juga diungkapkan Direktur RSUD Dr Adhyatma (Tugurejo) Haryadi Ibnu Junaedi. Menurutnya, bantuan berupa makanan bergizi itu, akan segera didistribusikan pada tenaga medis yang bersinggungan dengan pasien Covid-19. Menurutnya, saat ini di rumah sakit tersebut sudah ada tiga orang positif Covid 19 yang dirawat.
“Dua orang di antaranya sudah diperbolehkan pulang karena secara klinis bagus. Sedangkan satu orang masih dalam perawatan. Untuk PDP (Pasien Dalam Pemantauan) yang dirawat ada tujuh orang,” jelasnya. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)
 

Sumber: https://jatengprov.go.id/publik/atikoh-ajak-kader-pkk-berderma-pada-keluarga-terdampak-covid-19/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *