7-10 Jateng dan BSSN Sepakat Jaga Keamanan Siber Bersama

Jateng dan BSSN Sepakat Jaga Keamanan Siber Bersama

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah berhasil membentuk JatengProv Computer Security Incident Response Team (JatengProv-CSIRT). Pembentukan disaksikan langsung oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Secara teknis, tim akan ditangani Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah. Secara virtual, Diskominfo Jateng mengikuti acara peluncuran JatengProv-CSIRT bersama perwakilan BSSN di aula kantor Diskominfo Jateng, Rabu (7/10/2020). Hadir secara virtual Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian.

“Kita menjadi pilot project nasional namanya JatengProv-CSIRT. Kenapa tidak hanya Jateng CSIRT? Itu menandakan, ini memang punya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” kata Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum.

Ditambahkan, tim itu merupakan tim reaksi cepat terhadap kejahatan siber yang terjadi di kalangan pemerintah provinsi ini. Sampai sekarang, seluruh kabupaten sudah ada tim itu. Setiap SKPD yang ada di jajajaran Pemprov Jateng juga sudah memiliki tim CSIRT.

“Tim yang ada di SKPD namanya agen. Induknya ada di Dinas Kominfo Jawa Tengah,” ujarnya.

Tentu saja, kata Riena, semua itu berada di bawah binaan BSSN. Karena secara periodik, pihaknya bersama mereka selalu menjalin kerja sama setiap tiga bulan sekali. Terutama infrastruktur yang ada di Provinsi Jawa Tengah selalu dicek ulang keamanannya oleh tim siber BSSN.

Riena melanjutkan, BSSN juga tidak hanya memberikan sertifikat tapi juga melakukan monitor dan evaluasi, kaitannya pelaksanaan di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Kita syukuri dan kita laksanakan tugas kita dengan baik dengan adanya tim CSIRT di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini,” pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan BSSN yang hadir di lokasi, Kepala Subdit Penanggulangan dan Pemulihan (Gulih) Pemerintah Pusat, Marcelina Tri Nasiti Widayatmi, mengatakan, BSSN mengapresiasi terbentuknya JatengProv-CSIRT, terutama kepada Diskominfo Jateng yang telah berupaya keras membentuk tim.

“Kami berharap semoga tim bisa solid dan bisa melaksanakan sesuai layanan yang sudah disampaikan kepada masyarakat. Kami dari BSSN juga akan terus mendukung, sehingga tingkat kematangan dari JatengProv-CSIRT juga akan meningkat,” kata Marcelina. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *