Tiga Hari Syuting Video, Sulkhan Berhasil Juarai Lomba Pidato Bung Karno
Tiga Hari Syuting Video, Sulkhan Berhasil Juarai Lomba Pidato Bung Karno

Tiga Hari Syuting Video, Sulkhan Berhasil Juarai Lomba Pidato Bung Karno

SURAKARTA – Bukan main bangganya M Sulkhan (27), warga asal Kendal Jawa Tengah. Perjuangannya berhari-hari mengambil video pidato di kampungnya, diganjar dengan juara pertama Lomba Pidato Bung Karno.
Sulkhan tampil apik dengan seragam ala Bung Karno saat final di hadapan ribuan masyarakat saat Konser Trisakti di Benteng Vastenburg Solo, Sabtu (25/6/2022) malam. Ia berhasil mengalahkan dua finalis lainnya dan menjadi juara pertama.
“Tentu saya bangga sekali, bisa menjadi juara di Lomba Pidato Bung Karno ini. Saat tahu ada lomba pidato ini, saya tiap malam tidak tidur dan mendengarkan pidato Bung Karno. Saya juga tiga hari syuting ambil gambar untuk bisa jadi, dan dikirimkan ke panitia. Alhamdulillah jadi juara,” kata Sulkhan.
Dia merasakan betul bagaimana kebanggaannya karena menjadi juara. Selain hadiah langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ia juga tampil di depan ribuan masyarakat.
“Awalnya grogi, tapi setelah ingat kata Bung Karno, bahwa kita harus memiliki mental baja, bukan pemuda yang memiliki mental tempe. Saya jadi berani dan tampil maksimal,” jelasnya.
Sulkhan mengapresiasi adanya Lomba Pidato Bung Karno yang digelar Ganjar ini. Menurutnya, itu cara yang tepat agar masyarakat tidak melupakan sejarah bangsanya.
Selain Sulkhan, dua nominator lain juga tampil di acara itu. Mereka adalah Sondang Olivia Panggabean (21), asal Medan sebagai juara kedua, dan Endra Harsaya alias Hendro Plered (58), peserta asal Yogyakarta sebagai juara ketiga.
“Sangat bersyukur bisa masuk nominator dan tampil di hadapan ribuan masyarakat. Awalnya tidak menyangka, tapi karena doa dari orang tua, dosen,  dan teman-teman saya, saya bisa tampil dengan baik malam ini. Semoga kita anak muda terus bersemangat, dan menjadikan Tri Sakti Bung Karno sebagai pegangan memajukan Indonesia,” kata Olivia.
Hal senada juga disampaikan Hendro. Dia bangga dapat hadir pada acara malam itu.
“Bukan hadiah atau predikat juara yang saya kejar, tapi kita bisa menjiwai sosok founding father di Indonesia yakni Bung Karno. Untuk anak-anak muda generasi bangsa, kita harus semangat menyongsong Indinesia Emas 2045 dengan berpegangan pada Tri Sakti Bung Karno,” timpalnya.
Selain kategori umum, Lomba Pidato Bung Karno juga diikuti oleh kategori anak-anak dan remaja. Untuk kategori anak-anak, juara pertama diraih oleh Panji Cayapata Siladri asal Wonogiri, juara kedua Aurelia Davina Christabel (Yogyakarta), dan juara ketiga Dini Agustina (Kalimantan Barat).
Sementara untuk kategori remaja dan pelajar, juara pertama diraih oleh Ribhil Mafatih (Banyuwangi, Jatim), juara kedua I Wayan Harleyco Nila Putra (Bali), dan juara ketiga Angelina Carolina (Palembang). (Humas Jateng)*ul
 Save as PDF

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *