IMG_8094_

Sebagai Produsen Data, Instansi Pemerintah Harus Perhatikan Kaidah Data

SEMARANG – Data merupakan sesuatu yang sangat bernilai. Untuk itu, instansi pemerintah di Jawa Tengah sebagai produsen data harus dapat mengolah data mentah menjadi data statistik sektoral yang sesuai kaidah data.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum, pada acara Bimbingan Teknis Metadata dan Standar Data Statistik yang digelar di Kabupaten Semarang, Rabu (21/9/2022).

Selain harus memenuhi kaidah, imbuhnya, data statistik sektoral harus dilengkapi dengan metadata, dan menggunakan kode referensi serta data induk. Dengan begitu, data-data statistik dapat terintegrasi sehingga program Satu Data Indonesia dapat terwujud.

Riena mendorong para produsen data untuk serius mempelajari cara penyusunan data yang sesuai kaidah data.

“Manfaatkan bimtek ini dengan baik agar kita nantinya bisa segera terwujud amanat nasional, yaitu satu data jawa tengah yang tentunya akan terintegrasi Satu Data Indonesia.” tegasnya.

Lebih lanjut, standar data dan metadata merupakan komponen penting dalam penyusunan data, terutama terkait dengan akurasi dan konsistensi data. Selain itu, standar data dan metadata dapat memperjelas makna dan meminimalkan pengumpulan data yang serupa oleh banyak instansi.

“Sehingga data tersebut bisa langsung digunakan, diolah, dianalisis menjadi data yang harganya sangat mahal,” pungkas Riena. (Rs/Tn)

 

 Save as PDF

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.