Hati-hati, Kebiasaan Ini Bikin Muka Tampak “Boros”

Hati-hati, Kebiasaan Ini Bikin Muka Tampak “Boros”

SEMARANG – Sering dikira berumur lebih tua dibanding usia sebenarnya alias “boros” di umur? Eits hati-hati, tandanya kulit Anda mengalami penuaan dini.

Selain disebabkan oleh pertambahan usia, penuaan dini pun dapat terjadi jika Anda memiliki kebiasaan tertentu. Apa sajakah itu?

Saat Pertemuan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah bertema “Kulit Sehat dan Awet Muda”, dokter Klinik Kecantikan Navagreen Semarang, Cicilya Hendryani mengatakan, secara teori penuaan dini terjadi mulai umur 25 tahun ke atas. Namun kenyataannya, kini para anak muda umur awal 20-an tahun pun mulai mengalami penuaan dini.

Menurutnya, hal itu karena beberapa kebiasaan, seperti tidak memakai tabir surya (sunblock), konsumsi junkfood, manis, dan banyak pengawetnya. Selain itu, kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol pun memicu penuaan dini.

“Secara teori, penuaan dini itu terjadi mulai umur 25 tahun, namun kini sudah banyak para anak muda berumur awal 20-an (tahun) yang mengalami penuaan dini, tampak seperti berusia 30-an (tahun),” bebernya, di kantor Dinas Kominfo Jateng, Kamis (16/3/2023).

Cicilya menyampaikan beberapa tanda penuaan secara intrinsic dan ekstrinsik. Intrinsik seperti kulit kering, tampak tipis, kendor, dan muncul kerutan halus. Sedangkan secara ekstrinsik seperti kulit tampak kering kasar, kadang pucat kekuning-kuningan, kerut halus dan kerut kasar, flek atau bercak noda hitam, dan kadang muncul tumor pada kulit.

Tanda-tanda penuaan dini itu, terangnya, tentu saja membuat seseorang tampak tidak menarik. Namun, tanda-tanda tersebut dapat dicegah dengan memulai kebiasaan dan perawatan yang tepat.

Cicilya pun memberikan resep antipenuaan dini, antara lain, menerapkan gaya hidup sehat dengan banyak makan buah-buahan, olahraga teratur, memakai payung atau topi atau sunscreen, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, menghindari polutan,  serta menghindari stres yang berlebihan.

Tak hanya itu, ungkap Cicilya, gonta-ganti skincare pun bisa menyebabkan penuaan dini. Ia pun menyarankan agar sebelum memakai skincare, kenali dulu jenis kulitnya. Dan ketika memakai satu merek skincare, harus ditelateni dulu dipakai sampai maksimalnya seperti apa. Jangan langsung ganti merek skincare baru, karena sekali ganti skincare, kulit akan menyesuaikan kembali. Jika ada efek samping dari skincare segera periksa ke dokter.

Ketua DWP Kominfo Jateng Susi Listiyowati Hermoyo berharap dengan pertemuan kali ini, para anggota dan pengurus DWP, dapat menambah ilmu dan informasi, terkait merawat kulit agar tetap sehat dan awet muda. Apalagi, kebanyakan anggota-anggota dan pengurus DWP sudah berumur, sehingga dapat meminimalisasi penuaan dini dan tampil lebih menarik lagi.

“Harapannya ingin memberikan tips dan berbagi tips merawat kulit kita tetap sehat dan awet muda. Maka, kita hadirkan ahlinya langsung, yaitu dokter Cecilya dari salah satu klinik kecantikan di Semarang,” tandasnya. (Ic/Ul, Diskominfo Jateng)

Hati-hati, Kebiasaan Ini Bikin Muka Tampak Boros
 Save as PDF

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.