Kuliah Kerja Lapangan , Siapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja

...

SEMARANG - Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah, Dikki Ruli Perkasa mendorong mahasiswa untuk belajar mengenal dunia kerja secara langsung. Melalui pengenalan ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman berharga yang tidak didapat selama masa kuliah.

Hal tersebut dikatakannya saat menerima kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa Program Studi Teknologi Telekomunikasi Polines Semarang, Senin (5/2/2024) di Ruang Fiber Optik Lt IV Diskominfo Provinsi Jawa Tengah.
"Melalui KKL ini, mahasiswa dapat menyiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja yang pastinya berbeda dengan apa yang dipelajari selama kuliah. Ada hal-hal luar biasa yang tidak ada di dunia akademik. Melalui kegiatan ini, nanti di dunia nyata, kalian siap bertarung dan sukses,” ujar Dikki.

Dosen Program Studi Teknologi Telekomunikasi Polines Semarang, Khamami mengatakan, program Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan untuk memberi mahasiswa pengalaman mengenal perkembangan sistem informasi yang bergerak cepat secara langsung di dunia kerja, khususnya di sektor pemerintahan sebagai salah satu stake holder.
“Nanti di semester depan mereka wajib untuk mengambil program magang selama satu semester. Siapa tahu mereka bisa magang di sini. Jika di KKL hanya melihat sedikit, maka nanti pada saat magang, mereka akan benar-benar bisa terjun di lapangan,” harap Khamami.

Pada kesempatan tersebut, 40 mahasiswa yang berkunjung diberikan pemahaman mengenai infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Provinsi Jawa Tengah yang dikawal oleh Diskominfo.
“Salah satu tugas Diskominfo Jateng adalah mengawal penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Jawa Tengah. Melalui sistem ini, kami mendorong terwujudnya birokrasi yang mudah diterima masyarakat, dan mewujudkan pelayanan publik yang prima,” ujar Ardyanta Yoga Utama, Pranata Komputer Diskominfo Jateng.
Sementara itu, Achmad Juliyanto, Pranata Komputer dari Bidang Teknologi dan Komunikasi memberikan materi tentang infrastruktur jaringan, khususnya Data Center Provinsi Jawa Tengah.

“Data Center Provinsi Jawa Tengah ini dibangun untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dengan menghimpun data dan informasi dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Jadi sistemnya berbagi pakai,” terangnya.
Salah satu mahasiswa, Femina Isnaini sangat antusias mengikuti kegiatan KKL. Ia mengatakan, kegiatan tersebut memberinya pengalaman yang seru tentang dunia kerja. Femina berharap mendapatkan kesempatan untuk magang di Diskominfo pada semester depan.
“Harapannya bisa magang di Diskominfo Provinsi Jawa Tengah. Soalnya tadi materinya seru sekali, saya sangat tertarik untuk belajar tentang dunia Teknologi Komunikasi dan Informatika,” pungkasnya.

Penulis: WH/DiskominfoJtg