sekolah boarding

Sekolah Boarding Gratis Jateng Siap Tampung 264 Siswa Miskin

Semarang – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri Jawa Tengah 2019 dibuka. Sekolah boarding gratis tersebut siap menampung 264 siswa kurang mampu.

Kepala SMKN Jateng Semarang Yudi Wibowo menyampaikan berbeda dengan sekolah negeri lainnya, sekolah boarding dikhususkan untuk warga tidak mampu. Pendaftaran untuk SMKN boarding memang dilakukan sebelum pembukaan SMAN/SMKN se-Jateng, agar siswa yang tidak diterima bisa mendaftar di sekolah negeri non-boarding.

Ditambahkan, pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman http://ppdb.smknjateng.sch.id/ mulai 1 Maret 7 April 2019. Pada tahun ini, kuota penerimaan sebanyak 264 peserta didik yang terbagi dalam tiga sekolah. Yakni, kampus Semarang sebanyak 120 siswa, Pati 48 siswa, dan Purbalingga 96 siswa.

Program keahlian yang tersedia di Kampus Semarang meliputi Bisnis Konstruksi dan Properti, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan. Kampus Pati membuka jurusan Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian, dan Teknik Perbaikan Body Otomotif. Sementara, Kampus Purbalingga menyelenggarakan jurusan Teknik Pemesinan dan Teknik Pengelasan.

“Kuota tersebut diperebutkan ribuan pendaftar dari berbagai wilayah yang tersebar di Jawa Tengah,” ujarnya.

Yudi memaparkan, calon peserta didik harus memenuhi kriteria berasal dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/ Kartu Indonesia Pintar (KIP)/ Program Keluarga Harapan (PKH)/ Surat Keterangan Tidak Mampu. Mereka juga mesti memiliki potensi akademis dan nonakademis yang baik, berkelakuan baik, berminat melanjutkan sekolah, dan ada dukungan dari orang tua.

“Untuk keterangan tidak mampu, kami juga minta mereka menyertakan foto rumah tinggal dan fotokopi rekening listrik atau bukti pembelian pulsa listrik satu bulan terkahir. Jangan coba-coba menipu atau mengakali karena tim kami juga akan turun langsung ke setiap rumah untuk memastikan calon siswa benar-benar tidak mampu,” terangnya.

Setelah mengisi form pendaftaran online, imbuh Yudi, calon siswa diminta mengirimkan formulir pendaftaran dan dokumen yang disyaratkan, untuk dilakukan seleksi administrasi dan dokumen persyaratan. Mereka yang lolos akan diumumkan pada 24 April 2019, dan mengikuti seleksi tahap kedua, yaitu tes akademik pada 28 April 2019. Seleksi tahap kedua diumumkan pada 7 Mei 2019. Peserta yang lolos akan mengikuti seleksi tahap ketiga, yakni psikotes, kesehatan, kebugaran, wawancara dan visitasi.

“Pada tahap akhir ini kami akan melakukan visitasi. Mereka yang ketahuan mengirimkan data kondisi rumah yang tidak sesuai, langsung dicoret. Karena sekolah ini memang khusus untuk siswa tidak mampu, sehingga dengan bekal pendidikan yang memadai akan mengubah masa depan mereka menjadi lebih baik. Ini salah satu upaya konkret untuk pengentasan kemiskinan dan pengangguran di Jawa Tengah,” tandas Yudi.

Info lebih lanjut:

Kampus Semarang
082137296874 (Bagus)
08985300605 (Heri)
081326474001 (Zanuar)

Kampus Pati
082138060660 (Kukuh)
081213820636 (Adnan)

Kampus Purbalingga
085702475050 (Salamun)
085647939930 (Azhar)

(Ul, Diskominfo Jateng)

 Save as PDF

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.